Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Asah Kemampuan Bahasa Indonesia, Raihan Abdurrasyid Raih Medali Emas Kompetisi Sains Nasional 

Asah Kemampuan Bahasa Indonesia, Raihan Abdurrasyid Raih Medali Emas Kompetisi Sains Nasional 

(Unila): Raihan Abdurrasyid, mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila) berhasil meraih medali emas dalam Kompetisi Sains Nasional (Kompas) cabang olimpiade bahasa Indonesia yang diselenggarakan Generasi Maju Indonesia (Gemanesia) secara online, pada Minggu, 23 Juni 2024.

Kompas merupakan kompetisi yang diselenggarakan Gemanesia dalam rangka mengasah kemampuan akademik mulai dari jenjang SD hingga mahasiswa dengan berbagai cabang perlombaan seperti biologi, ekonomi, dan fisika. Mahasiswa yang akrab disapa Raihan mendapatkan informasi kompetisi dari laman instagram.

Kompetisi yang Raihan ikuti ini sebagai salah satu upaya mengisi waktu libur semester dengan mencoba mengikuti berbagai perlombaan salah satunya Kompas. Alasan mahasiswa penyuka warna hitam tersebut mengikuti perlombaan juga karena ingin mengasah kembali kemampuan berbahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia menjadi pelajaran yang sudah sejak lama ia gemari. Raihan mengatakan, perlombaan apapun sebenarnya tidak akan ada kesulitan yang berarti, jika sudah disertai niat dan usaha, pasti akan terasa mudah dan lancar.

“Jadi untuk teman-teman mahasiswa ayo bersama meningkatkan value diri dengan  mengikuti berbagai perlombaan. Terlebih untuk mencari informasi lomba dan belajar di era sekarang sudah sangat mudah didapatkan di mana saja dan kapan saja. Bisa juga dicoba dengan lingkup yang kecil dahulu,” tandas Raihan.

Kompetisi yang Raihan ikuti juga membawa euforia dan perasaan senang sekaligus tidak menyangka karena bisa mendapatkan medali emas. Setelah mengikuti kompetisi ini, Raihan juga merasa mendapatkan pengetahuan lebih banyak dan bahan bacaan, serta kosa kata yang lebih beragam.

Target selanjutnya ia akan mencoba berbagai peluang kompetisi dengan harapan dapat mengantongi medali emas kembali. Mengikuti olimpiade bidang ekonomi menjadi salah satu kompetisi yang ditargetkan Raihan dalam waktu dekat.

Raihan berharap perlombaan yang sudah ia ikuti dan kemenangan yang sudah digenggam dapat menjadi pacuan dan motivasi diri sendiri sehingga nantinya bisa lebih semangat dalam mengikuti perlombaan sejenis maupun kompetisi dengan cabang berbeda di kemudian hari. [Magang_Niken Nurhadz Febriyani]